Traine of Trainer (TOT) Pembuatan Mocaf (Modified Cassava Flour) dan Pupuk Cair Organik PGPR

Sebagai salah satu bentuk implementasi dari kerja sama antara Universitas Majalengka (UNMA) dengan Institut Teknologi Bandung  (ITB), pada hari kamis tanggal 13 Desember 2018, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) UNMA menyelenggarakan kegiatan Traine of Trainer (TOT) pembuatan Mocaf (Modified Cassava Flour) dan Pupuk Cair Organik PGPR dengan mengundang para ahli dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB, diantaranya Dr. Irwan Mailano, M.Sc., Dr. Ir. Mia Rosmiati, MP., Dr. Rijanti Rahaju Maulani, M.Si., Dr. Ir. Rika Alfianny, MP., Dr. Aos, MP., Edi Sasmita, SE., MM., dan Dini Sofiani Permatasari, S.Si, MT.

Setelah dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Majalengka, Prof. Dr. H. Sutarman, M.Sc. kegiatan dilanjutkan dengan materi perdana tentang pembuatan mocaf yang disampaikan oleh Dr. Rijanti Rahaju Maulani, M.Si. Dalam presentasinya beliau memaparkan bahwa Mocaf merupakan tepung berbahan baku singkong atau ubi kayu yang dimodifikasi dengan teknik fermentasi menggunakan mikrobia. Tepung mocaf memiliki karakteristik yang cukup baik untuk menggantikan 100 % penggunaan tepung terigu yang selama ini untuk memenuhi kebutuhannya Indonesia masih mengimpor dari negara lain.

Materi kedua tentang pembuatan Pupuk Cair PGPR disampaikan oleh Dr. Ir. Rika Alfianny, M.P. Dalam presentasinya beliau memaparkan bahwa PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobakteri) adalah bakteri pemacu pertumbuhan tanaman, yaitu sejenis Mikroorganisme yang biasa hidup secara berkoloni di sekitar akar tanaman dan dapat membantu memacu pertumbuhan tanaman dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap jamur patogen. Menurut beliau, PGPR telah menjadi sesuatu yang sangat penting di seluruh dunia dan diakui menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan bagi dunia pertanian. PGPR dapat menjadi salah satu solusi ketergantungan terhadap produk pupuk kimia sintetis, sehingga dapat menjaga pertumbuhan pertanian secara berkesinambungan dan mendukung visi secara global mengenai pembangunan, perlindungan dan pelestarian lingkungan yang sudah terlanjur rusak oleh aplikasi pupuk kimia sintetis.

Kegiatan TOT ini diikuti oleh 40 orang dosen tetap Universitas Majalengka yang tersebar ke dalam 23 program studi. Traine Of Trainer ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelatihan serta bekal ilmu bagi Dosen UNMA untuk selanjutnya dapat diterapkan di masyarakat Majalengka sebagai bentuk pengabdian. Untuk melihat foto-foto kegiatan TOT klik di sini.

Pada hari kedua, yaitu Jum’at, 14 Desember 2018, P3M UNMA mengajak tim LPPM ITB untuk berkunjung ke desa binaan, yaitu Desa Candrajaya Kecamatan Sukahaji dan Desa Pasirayu Kecamatan Sindang. Kedua Desa ini nantinya akan menjadi tempat pengembangan untuk pembuatan Mocaf dan Pupuk cair PGPR. untuk melihat foto-foto kegiatan kunjungan tersebut klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *